Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
1. Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet
|
Pengenalan Internet dan Intranet
|
- Siswa dapat menentukan fungsi dari komputerServer.
- Siswa dapat menentukan istilah untuk Identitas yang membedakan setiap jaringan
komputer.
- Siswa dapat menentukan Tahun pertama kali Internet diperkenalkan oleh
Dephan Amerika Serikat.
- Siswa dapat menentukan nama Sistem jarjingan Internet yang dirintis oleh
Dephan Amerika Serikat.
- Siswa dapat menentukan istilah kegiatan mengirimkan data dari komputer ke
jaringan Internet
- Siswa dapat menentukan istilah bercakap-cakap (ngobrol) melalui jaringan
Internet.
- Siswa dapat menuliskan Pengertian ; Internet danIntranet
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
1
2
3
4
5
6
46
|
Dasar Sistem Jaringan Komputer
|
- Siswa dapat menentukan jarak terdekat jaringan
- Siswa dapat menentukan jenis Topologi yang sering dipakai pada
jaringan
- Siswa dapat menentukan cakupan wilayah yang dapat dijangkau oleh jaringan
- Siswa dapat menentukan jarak yang dapat dijangkau oleh jaringan WAN
meliputi wilayah Negara.
- Siswa dapat menentukan tahun diperkenalkannya protokol
- Siswa dapat menentukan Negara yang pertama kali mengembangkan konsep
jaringan komputer.
- Disajikan satu skema gambar topologi jaringan komputer (BUS),
Siswa dapat menentukan nama topologi yang dimaksud.
- Siswa dapat menentukan nama Topologi jaringan berbentuk Lingkaran.
- Siswa dapat menggambarkan skema atau bentuk topologi jaringan MESH dan menuliskan ; kelebihan
dan kelemahannya.
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
7
8
9
10
11
12
13
14
47
|
|
Kecepatan Akses Internet
|
- Siswa dapat menentukan satuan ukuran kecepatan transfer data pada
jaringan Internet.
- Siswa dapat menentukan faktor yang tidak mempengaruhi kecepatan transfer
data pada jaringan Internet.
- Siswa dapat
menentukan kepanjangan dari ISPsebagai
lembaga yang menyediakan layanan Internet.
- Siswa dapat
menentukan 4 kriteria ketika memilihISP.
|
PG
PG
PG
PG
|
15
16
17
48
|
|
Perangkat Keras untuk Mengakses Internet (Utama dan Tambahan)
|
- Siswa dapat
menentukan standar minimal (pentium)Komputer untuk mengakses Internet.
- Siswa dapat
menentukan jenis monitor yang memiliki resolusi maksimum 800 x 600.
- Siswa dapat
menentukan kepanjangan dari
- Siswa dapat
menentukan fungsi dari memory
- Siswa dapat
menentukan perangkat yang dapat menyimpan data kapasitas besar.
- Siswa dapat
menentukan perangkat komputer berbentuk Chip dan berfungsi sebagai otak atau
pengendali proses kerja komputer.
- Siswa dapat
menentukan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan setiap jaringan
komputer.
- Siswa dapat
menentukan nama perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital
menjadi sinyal analog.
Soal
nomor 26, 27, 28, dan 29 disajikan 5 gambar perangkat keras (utama)
untuk mengakses Internet ; A,
B, C, D, dan E,
- Siswa dapat
menentukan nama dari perangkat yang dimaksud.
- Siswa dapat
menentukan nama dari perangkat yang dimaksud.
- Siswa dapat menentukan
fungsi dari perangkat yang dimaksud.
- Siswa dapat
menentukan gambar perangkat yang dimaksud berdasarkan fungsinya.
Soal
nomor 30, 31, 32, dan 33 disajikan 5 gambar perangkat keras (tambahan)
untuk mengakses Internet ; A,
B, C, D, dan E,
- Siswa dapat
menentukan urutan gambar yang benar sesuai dengan 3 nama perangkat yang
dimaksud.
- Siswa dapat
menentukan fungsi dari perangkat yang dimaksud.
- Siswa dapat
menentukan nama dari perangkat yang dimaksud.
- Siswa dapat
menentukan nama dari perangkat yang dimaksud.
- Siswa dapat
menentukan ciri yang tidak termasuk ciri-ciri perangkat HUB.
- Siswa dapat
menentukan nama kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer.
- Siswa dapat menentukan
nama perangkat yang digunakan untuk memperpanjang jarak tempuh sinyal.
- Siswa dapat
menentukan nama perangkat yang digunakan untuk menghubungkan
- Siswa dapat
menentukan ciri dari kabel Coaxsial
- Siswa dapat
menuliskan fungsi dari perangkat NIC(Network Interface Card)
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
49
|
|
Cara Membuat Sambungan atau Koneksi Akses
Internet
|
- Siswa dapat
menentukan perangkat yang harus ada dan digunakan bersama dengan GPRS ketika mengakses Internet melalui
telepon seluler.
- Siswa dapat menentukan
kepanjangan dari GPRS.
- Siswa dapat
menentukan factor yang mempengaruhi biaya pemakaian Internet melalui Dial up.
- Siswa dapat
menentukan kecepatan akses maksimum internet melalui Dial up.
- Siswa dapat
menentukan kelebihan yang dimiliki oleh layanan ISDN.
- Siswa dapat
menentukan kepanjangan dari saluran komunikasi/internet HSDL.
- Siswa dapat
menentukan frekuensi maksimum teknologi WiFi
-
Siswa dapat menuliskan perbedaan antara WiFi danBluetooth
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
39
40
41
42
43
44
45
50
|
Created By : Muchtar Ardhiansyah (Hacker Is 4rt…Not How
Smart You’re)
Post a Comment